Labels

Sabtu, 09 Juni 2012

Tutorial Lengkap Membuat Jejaring Sosial Menggunakan Jcow Untuk Pemula dan Webmaster

Halo sobat Blogger! Sudah lama saya tidak posting disini gara-gara repot ngurusin ujian (deg deg) tapi akhirnya saya lulus dengan nilai yang memuaskan hehe... Ini juga berkat bantuan (doa lho) dari teman-teman saya semua... Yaudah, langsung aja ke topik yuk!

Saya membuat artikel ini karena pembuatan jejaring sosial yang lagi nge-trend di Indonesia. Saking nge-trend nya, banyak yang ketahuan plagiat gara-gara ngaku-ngaku bikin sendiri padahal dia pake CMS (mudah sekali membedakan jejaring sosial CMS dengan coding sendiri, liat dari layoutnya juga ketahuan). Tapi tenang aja sob, kalau tujuan sobat bukan untuk pamer, ya gak apa-apa lah... Disini saya kasih tahu caranya satu persatu...


Sebelum itu saya perkenalkan sekilas tentang jcow, jcow itu scriptt jejaring sosial open source berbasis PHP yang lumayan populer di Indonesia. Script jcow ini sendiri memiliki beberapa kelebihan yaitu ukurannya yang kecil dan tidak terlalu membebani server. Dan yang paling penting, GRATIS! Hehe...  Kalo ditanya kelemahan ya, tema defaultnya aja bagi saya terlalu simpel (gak seperti script jejaring sosial berbayar), tapi kalau sudah dimodifikasi bisa jadi keren lho! Contoh-contoh dari website jcow ini ada banyak: www.indonesosial.tk (punya saya hehe), www.salingsapa.com, www.ngapak.com, dan masih banyak lagi.

Siapkan materi berikut ini:

1. Pertama-tama, sobat harus mempunyai domain sendiri. Kalau ingin yang gratisan pastikan support custom DNS. Banyak kok provider domain gratis yang support DNS, contoh: www.dot.tk, www.co.cc, www.cz.cc, dan masih banyak lagi pilihan. Tinggal dicari di mbah Google dan pilih sesuai selera. Kalo memang ada duit, bisa beli domain berbayar (*.com, *.net, *.org, dll.). Bagi yang minta rekomendasi saya untuk domain berbayar, saya sendiri langganan di www.mahavikri.co.id.

2. Sobat juga harus memiliki webhosting untuk file jcow dan databasenya. Pastikan webhosting yang nanti sobat pakai support MySQL buat database, soalnya jcow gak bisa jalan tanpa MySQL. Soal webhosting gratis juga banyak. Seperti www.000webhost.com, www.freehostia.com, dan banyak juga yang lainnya. Kalo saya rekomendasiin sobat yang masih pemula, pilih webhostingnya yang pake control panel cPanel aja soalnya antarmukanya lebih mudah dimengerti dan juga yang saya pakai di tutorial ini hehe. Kalo yang punya duit juga bisa pake webhosting berbayar. Biayanya juga beragam... Yang minta lagi rekomendasi buat webhosting berbayar tetap saya sarankan pake www.mahavikri.co.id.

3. Kalau kedua point diatas sudah siap, tinggal ubah settingan DNS domain sobat dengan yang dituliskan di webhosting (bagi yang belum tau cara mengubahnya cari aja lagi di mbah Google, soalnya tiap provider domain beda caranya).

Lihat dulu apa webhosting sobat punya autounstaller nggak? Biasanya Softaculous atau Fantastico. Kalau ada sangat mudah untuk melanjutkan pembuatan. Yang nggak ada? Gak usah kecewa, tetep mudah kok ntar saya kasihtau juga caranya sob. Yang ini buat yang ada autoinstaller Softaculous ya... (maaf saya gak masukin Fantastico soalnya saya gak punya nih sob...)

1. Klik Softaculous di bagian Software/Services.


2. Klik tanda panah di bagian Social Networking untuk meng-expand.


3. Klik Jcow.


4. Pilih tab Install.


5. Isi data situs yang sobat inginkan.
*NB : In directory tidak usah diisi kalau mau situsnya secara langsung. Misal: www.situssobat.com, kalau mau in directory akan membuat folder baru yang sobat tentuin sendiri. Misal: www.situssobat.com/direktori.


6. Setelah loading, website sobat sudah jadi... Tinggal login dan cobain jejaring sosial sobat.


Install jcow dengan Softaculous biasanya bersifat trial 30 hari karena Jcow versi 5 keatas adalah seharusnya versi berbayari. Untuk alternatif atau install manual, silahkan baca lanjutan post saya dibawah ini ya sob! Karena yang dibawah ini menggunakan jcow 4.2.1.

Yuk langsung aja baca langkah install jcow secara manual (udah capek basa basi heh heh)

1. Download dulu file jcownya disini.

2. Login ke kontrol panel webhosting sobat.

3. Pilih MySQL Database Wizard di bagian Databases.


4. Masukin nama database yang ingin sobat buat. Setelah itu tekan Next Step.


5. Masukin data-data user buat ngakses database yang tadi baru aja sobat buat. Terus klik Create User.


6. Centang All Previllages dan klik Next Step.


7. Database sobat berhasil dibuat, sekarang kembali ke home.


8. Klik File Manager pada bagian Files.


9. Pastikan Document root for: isi bawahnya adalah alamat situs jejaring sosial yang ingin sobat buat, lalu tekan Go.


10. Klik Upload di toolbar.


11. Pilih file jcow yang tadi sobat download dan dengan otomatis akan terupload.


12. Kalau berhasil, nanti di pojok kiri bawah layar akan tertera seperti ini. Lalu close aja tab browsernya.


13. Setelah tab diclose, sobat akan kembali ke File Manager. Tekan Reload untuk menemukan file yang tadi sobat upload.

14. Setelah tampil filenya, klik kanan pada file, lalu Extract. Tekan OK. Ini akan otomatis extract ke root website sobat.

15. Kalau sudah, buka: http://[GANTI DENGAN SITUS SOBAT]/install.php.

16. Nanti muncuk seperti ini. Isi dengan data situs yang diinginkan sobat. Dan klik tombol paling bawah.


17. Kalau berhasil, muncul seperti ini. Berarti situs jejaring sosial sobat sudah bisa diakses. Oya, jangan lupa untuk menghapus file install.php lewat File Manager biar aman...


Jadi juga kan jejaring sosial sobat? Kalau masih ada yang bingung, gak usah segan-segan. Tanyain langsung aja sama saya disini. Kebetulan saya juga Thread Starter dari [Update] Tutorial dan Tanya Jawab Jcow, jadiya kalo mau ikut nongkrong monggo...

Maaf yah kalau post saya ini Bandwidth Killer hehe, soalnya kan kadang-kadang ada pemula yang baca, daripada mereka bingung ya lengkapin sekalian aja... Oke deh, sampai ketemu di posting selanjutnya sob...

[bagi yang mau copy-paste harap masukkan link dari blog saya ya sob!]

0 komentar:

Poskan Komentar